Subscribe:

Labels

3.16.2011

Besaran dan Satuan

Besaran adalah segala sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan dengan angka, misalnya panjang, luas, volume, dan kecepatan. Warna, indah, cantik bukan termasuk besaran karena ketiganya tidak dapat diukur dan dinyatakan dengan angka.


Besaran dibagi dua yaitu besaran pokok dan besaran turunan. Besaran pokok adalah besaran yang satuannya telah ditetapkan terlebih dahulu dan tidak diturunkan dari besaran lain. Ada tujuh besaran pokok dalam Satuan Internasional (SI), seperti dalam tabel di bawah ini.






Besaran turunan adalah besaran yang satuannya diturunkan dari besaran pokok.










Pengukuran adalah membandingkan besaran yang diukur dengan besaran sejenis yang ditetapkan sebagai satuan.
1. Pengukuran Panjang
Ada tiga alat ukur panjang yang umum digunakan, mistar, jangka sorong, dan mikrometer sekrup.
Dengan ketelitian sebagai berikut :
1. Mistar dengan ketelitian 0,1.cm. ini berguna untuk Mengukur panjang, misalnya panjang meja atau pensil.
2. Jangka Sorong dengan ketelitian 0.01 cm berguna untuk Mengukur diameter dalam dan luar, misalnya pada cincin.
3. Mikrometer Sekrup dengan ketelitian 0.001 cm berguna untuk Mengukur diameter luar dan ketebalan yang sangat tipis, misalnya tebal uang logam atau kertas.
2. Pengukuran massa dan waktu
Massa diukur dengan neraca. Neraca yang biasa dipakai di laboratorium adalah neraca tiga lengan. Selang waktu secara prinsip dapat diukur oleh kejadian yang berulang secara teratur, misalnya detak jantung, getaran pegas, rotasi bumi, dan revolusi bumi. Selang waktu singkat seperti catatan waktu lomba lari dengan stopwatch. Stopwatch analog memiliki ketelitian 0,1 sekon dan stopwatch digital memiliki ketelitian 0,01 sekon.






3. Pengukuran luas
Pengukuran luas termasuk pengukuran tidak langsung. Luas benda dapat diukur dengan menggunakan rumus. Misalnya, luas segitiga = ½ x alas x tinggi, luas kubus = sisi x sisi, luas lingkaran = r2. Satuan SI untuk luas adalah m2.

0 komentar: