Subscribe:

Labels

11.08.2011

Cara mengubah kebiasan buruk


Hey All...!!!
Gmana nih kabarnya...???? lama g buka.... maaf ya wajar lagi masa jenuh buat nge-blog.....
Upz... koq malah curhat???? Ya dah sekarang ane kasih sedikit info buat semua....
Kebiasaan buruk pasti dimiliki oleh setiap orang, termasuk ane dan semua. Tapi, kebiasaan itu dapat di rubah koq. Kebiasaan buruk semuanya mungkin akan berkurang atau bahkan sampai hilang (Amin)
Ane mau sedikit share tentang bagaimana mengubah kebiasaan buruk. Berikut adalah tips yang akan ane beri ke anda semua.
1.      
Insight
Adalah kondisi ketika manusia manusia mampu meihat secara keseluruhan konteks dirinya lingkungan masalah dan semua elemen dalam kehidupan. Maksudnya adalah ketika manusia mampu mengetahui apa guna dari apa yang ia kerjakan. Jika manusia tidak insight maka ia akan menganggap remeh apa yang ia lakukan saat itu, bahkan tidak mau melakukan pekerjaan itu. Jadi buat semua ayo terus belajar dan pahami apa guna dari pekerjaan yang dilakukan.
2.       Modifikasi Perilaku
Sudah tahu kalau belajar itu bagus, percaya kalau belajar dengan sungguh-sungguh jadi sukses. Tapi, masih malas untuk melakukan itu karena alasan yang di buat-buat. Modifikasi perilaku adalah mungkin awal dari sukses. Dari sini, mungkin bisa mengetahui apa yang anda lakukan selama sehari. Coba buat daftar mulai dari bangun pagi sampai tidur lagi. Mungkin di jadwal setiap 30 menit atau mungkin setiap 10 atau bahkan 5 menit sekali. Lalu tempel di tempat yang pasti anda lewati dan anda lihat. Tapi ini adalah cara paling sederhana bila penyakitnya masih dalah tahap awal dan masih belum kronis dan akut. Nah dari sini anda bisa lihat apa yang kamu lakukan setiap menitnya. Kurangi hal-hal yang kurang berguna dan gantilah dengan pekerjaan yang manfaat. Hal yang harus di perhatikan adalah anda harus patuh pada jadwal yang anda buat. BIla tidak, maka percuma deh susah-susah buat jadwal.
3.       Radikal dan Bertahap
Setiap kelakuan ada yang harus di ubah secara bertahap dan ada pula yang harus di rubah secara bertahap. Maksudnya secara radikal adalah anda mengubah suatu kebiasaan secara langsung dengan kata lain berubah 180 derajat secara langsung. Sedangkan bertahap adalah mengubah secara sedikit demi sedikit dengan kata lain mengurangi. Anda pasti sudah tahu apa yang harus di ubah secara radikal dan bertahap. Ane tidak mengataka n apa saja yang apa yang harus anda rubah secara radikal dan bertahap karena setiap orang pastilah berbeda pendapat karena kepribadian setiap orang pastilah berbeda satu dengan yang lain. Dari table kegitan yang sudah anda perbuat pastilah anda ketahui apa yang harus anda rubah secara radikal dan secara bertahap. Buat yang beragama islam mungkin ane bisa kasih contoh apa yang harus di ubah secara radikal. Mungkin ada yang sebagian dari anda semua belum melakukan sholat 5 waktu secara rutin, ini harus di ubah secara radikal karena ini berhubungan dengan langsung dengan akidah anda semua.
4.       Aversive
Adalah menggabungakan hal yang menurut anda enak untuk di lakukan dengan hal menurut anda kurang enak untuk di lakukan. Jangan menggabungkan sesuatu yang menurut anda enak untuk di lakukan dengan sesuatu yang enak.  Sebagaia contoh adalah menonton televise dengan ngemil makanan kecil, dua hal berikut merupakan sesuatu yang enak untuk dilakukan secara bersamaan. Ini kan menambah kecenderungan anda untuk menonton televise secara berlebihan. Coba anda lakukan menonton televise dengan cara berdiri dalam waktu yang relatif lama, mungkin 2-4 jam. Pasti ini sangat tidak menyenangkan karena kita harus capek untuk menonton televise. Kegiatan seperti ini akan menambah kemalasan untuk menonton televise secara berlebihan.
5.       Implosif
Atau yang disebut dengan pembanjiran / melakukan kegitan yang serupa dalam waktu yang cukup lama, tapi hati-hati karena ini bisa menjadi pedang bermata dua. Maksudnya ini bisa berakibat baik dan buruk tergantung pribadi masing-masing. Sebagai contoh menonton televise secara terus-menerus. Lama kelamaan pastilah anda akan merasa bosan dan ingin melakukan sesuatu yang bermanfaat seperti belajar dan mengingat kepada sang pencipta. Tapi, bila gagal maka anda akan semakin kecanduan dengan hal tersebut. Maka berhati-hatilah.
6.       Memanggil ahli/psikolog
Bila anda sudah merasa tidak bisa merubah kebisan buruk anda tidak ada salahnya anda memanggil ahli / psikolog untuk membantu anda dalam merubah sifat buruk anda. Anda juga dapat meminta bantuan ke orang tua anda, teman dekat anda, atau guru anda untuk menjadi Pembina dan menuntun anda menuju hal yang lebih baik.

Mungkin ini dapat membantu anda semua untuk merubah sifat / kebiasaan buruk anda.Insya Allah bila anda sungguh-sungguh berniat untuk merubah kebisaan buruk anda sekalian pasti anda pasti bisa. Ada pepatah arab yang berbunyi “ Barang siapa yang sungguh-sungguh pastilah berhasil. “
Sekian dulu dari ane semoga bermanfaat bagi semuanya. SELAMAT MENCOBA DAN SEMOGA BERHASIL MENGUBAH KEBIASAAN BURUK ANDA



0 komentar: