Subscribe:

Labels

11.14.2011

Tips berkendara


Hey All..!!!
Ane mau bagi-bagi tips lagi nih. Mungkin tips ini dapat berguna bagia anda semua.
Bagi anda semua yang mungkin hobi atau sering bepergian jauh menggunakan sepeda motor, mungkin ane bisa kasih tips sedikit biar aman di perjalan. Maklum, sekarang banyak sekali kejadian kecelakaan di jalanan yang mungkin bisa merenggut nyawa atau luka berat/ ringan.

Tips-tips berikut mungkin berguna bagi anda semua.
1.       Cek Surat-surat kelangkapan kendaraan anda ( SIM, STNK, KTP )
Ini sangat penting bagi anda untuk menjamin anda semua dari tilang polisi dan anda merasa aman bila terjadi apa-apa pada anda semua.
2.       Cek Kondisi kendaraan bermotor anda
Baik mobil ataupun sepeda motor harus dalam kondisi prima. Perikasalah kondisi kendaraan motor anda. Bila ada masalah yang mmungkin tidak bisa anda selesaikan sendiri anda bisa meminta bantuan ke dealer kendaraan motor anda untuk membantu menyelesaikan masalah anda.
3.       Gunakan helm berlabel SNI, dan alat pengaman lain
Alat pengaman seperti jaket, sepatu ataupun yang lain dapat menolong anda agar saat terjadi kecelakaaan anda hanya mengalami luka ringan bahkan tidak mengalami luka.
4.       Jaga jarak aman dan jangan zigzag
Menjaga jarak aman dari pengguna jalan lain, ini berfungsi apabila kendaraan di depan anda berhenti anda masih dapat mengerem sepeda anda. Anda pun jangan zigzag di jalan karena dapat menyebabkan kecelakaan
5.       Waspada dan kurangi kecepatan pada daerah padat
Mengurangi kecepatan dapat membantu anda terhindar dari kecelakaan di kawasan yang padat. Di kawasan padat anda tidak dapat memprediksi jalan. Sehingga untuk amannya anda kurangi kecapatan anda. Bila sewaktu-waktu ada orang atau kendaraan lewat di depan anda anda bisa mengerem/ memberhentikan kendaraan anda.
6.       Nyalakan lampu utama anda
Nyalakan lampu anda baik siang ataupun malam. Lampu dapat menolong anda untuk memberitahu kendaraan lain yang jaraknya jauh agar tidak menabrak anda.
7.       Hati-hati pada jalan/ jembatan rusak.
Bila ada jalan yang rusak maka anda harus berhati-hati dalam mengemudikan kendaraan anda.
8.       Hormati pengguna jalan lain
Menghormati hak-hak orang lain dalam berkendara
9.       Konsentrasi penuh
Bila anda berkendara harus penuh konsentrasi. Jangan berkendara sambil SMS ataupun mengankat telepon. Ini dapat mengurangi konsentrasi anda dalam berkendara apabila ingin membalasa telepon/sms anda dapat menepi.
10.   Istrirahat bila lelah
Bila anda sudah merasa capek dalam melakukan perjalanan. Tidak ada salahnya untuk berhenti sejenak menghilangkan rasa lelah anda. Jangan berkendara saat lelah karena dapat mengurangi konsentrasi anda.
11.   Berdoa sebelum berangkat
Ini adalah kegiatan wajib yang harus anda lakukan sebelum berangkat. Minta perlindungan dan keselamatan pada Yang Mahakuasa agar dalam selamat dalam perjalanan dan  sampai di tempat tujuan.




0 komentar: